Tips Mengelola Keuangan Bisnis Dan Usaha

Samudra Ilmu – Mengatur atau mengelola keuangan usaha dan bisnis secara efektif adalah metode menjaga tingkat atau aliran dana perusahaan untuk menghindari kebocoran yang menyebabkan kerugian keuangan.

Bagaimana mengelola keuangan upaya ini tentunya akan sangat berbeda dengan bagaimana mengelola keuangan pribadi. Berikut tips mengelola keuangan bisnis dan usaha yang bisa menjadi referensi untuk anda semua.

  • Pisahkan keuangan pribadi dengan milik perusahaan
    Kesalahan ini paling sering dilakukan oleh para pelaku usaha kecil di mana mereka berpikir uang tidak uasaha berbeda dengan keuangan pribadi sehingga menjadi satu. Mungkin karena usaha masih kecil, Anda pikir itu tidak masalah jika uang mencampur bisnis dengan uang pribadi. Tapi akibatnya kesulitan untuk membedakan antara bisnis dan keuangan pribadi ketika suasana hatinya untuk melakukan audit. Tak jarang, kegagalan untuk memenuhi kebutuhan pribadi secara bertahap merusak upaya uang tunai. Jadi, bagaimana mengelola keuangan Anda upaya pertama adalah uang fisik segera terpisah.
  • Mengontrol aset, hutang serta kondisi modal
    Secara berkala, Anda perlu memeriksa persediaan di gudang dan memastikan semuanya dalam keadaan lengkap dan baik. Tapi sebelum Anda bisa melakukan itu, Anda harus memiliki administrasi yang memadai untuk mengontrol semua itu.Hal yang sama harus Anda lakukan terhadap piutang kepada pembeli dan tagihan dari pemasok.Anda tidak ingin tagihan macet atau kedobelan dibayarkan kepada pemasok karena catatan Anda berantakan.Jika Anda tidak dapat melakukan semuanya sendiri, Anda dapat menyewa bagian keuangan dan menetapkan prosedur keuangan yang cukup untuk memastikan bahwa aset bisnis Anda selalu terjaga.
  • Rencanakan dengan baik penggunaan uang
    Anda masih harus merencanakan penggunaan uang Anda mungkin, bahkan ketika Anda memiliki modal lebih dari yang Anda pikirkan. Jangan menghamburkan uang sekitar meskipun saldo kas Anda lebih posisi. Tanpa perencanaan yang matang, segera Anda akan menemukan diri Anda dalam keadaan kekurangan dana.Menyesuaikan rencana pengeluaran Anda dengan target untuk penjualan dan penerimaan kas. Tunda rencana belanja modal jika tidak ada manfaat dalam meningkatkan penjualan atau menurunkan biaya.
  • Gunakan pembukuan keuangan
    Mengelola bisnis tidak hanya cukup menjalankan memori, tetapi harus dengan catatan lengkap. Bagaimana mengelola keuangan bisnis Anda berikutnya adalah minimum, Anda diminta untuk memiliki buku kas Log (BKM) dan Buku Kas Keluar (BKK) yang mencatat omset uang. Kemudian Anda harus cocok dengan saldo kas harian secara fisik dengan catatan Anda. Hal ini dilakukan untuk mengontrol transaksi uang dan memastikan tidak ada uang yang tersimpan. Tahap selanjutnya, upgrade administrasi Anda untuk penjualan dan biaya. Tak kalah penting, Anda juga harus mencatat saldo hutang piutang, persediaan dan aset tetap Anda. Jika mampu, menggunakan sistem komputer untuk memudahkan proses perekaman. Dan lebih super Jika Anda bisa menerapkan sistem akuntansi yang memadai, sehingga dapat menampilkan laporan keuangan dari bisnis, minimal dalam bentuk neraca dan laba / rugi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s